Halaman

Sabtu, 29 Desember 2012

KONSEP HUNIAN BERLANDASKAN SYARI'AH


KONSEP HUNIAN BERLANDASKAN SYARI'AH

Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia termasuk negara yang sangat sedikit menyerap budaya dan tradisi Islam dalam konsep sebuah kawasan hunian. Apa yang melatar belakangi hal ini ? Dan bagaimana sesungguhnya kawasan hunian yang dibangun berlandaskan sistem syariah ?

Kehidupan modern, kesibukan, dan rutinitas sering kali membuat orang abai dan lalai pada nilai-nilai agama. Padahal nilai-nilai agama menjadi penting, karena ia bukan saja sebagai pegangan hidup, tetapi manusia pada hakekatnya tidak bisa dilepaskan dari nilai-nilai spiritual. Karena itu tidaklah mengherankan apabila sekarang mudah dijumpai kecenderungan masyarakat modern ingin kembali pada kehidupan agamais yang sebelumnya dikesampingkan. Salah satu cara untuk mengembalikan dan menghadirkan kembali hal itu bisa dilakukan lewat komunitas di kawasan hunian.

Konsep lingkungan tempat tinggal yang Islami atau berlandaskan syariah Islam adalah jawabannya. Dalam industri kawasan hunian, perumahan yang mengedepankan nilai-nilai religi semula dipandang sebelah mata, karena tidak semua developer perumahan jeli melihat peluang ini. Namun apabila dilihat dalam perspektif bisnis dan pasar, dengan jumlah penduduk umat muslim terbesar di dunia, pengembangan hunian berlandaskan syariah Islam punya potensi yang luar biasa besar.

Dan memang benar, konsep hunian bernuansa Islami tumbuh dan berkembang pesat. Dibilang ini sebagai tren baru di industri realestat, ternyata tidak juga. Fenomena penggunaan label syariah Islam untuk properti sudah ada sejak tahun 1995. Antara lain Griya Islami (yang kini bernama Griya Citra Permai) dan Villa Ilhami di Tangerang, Telaga Sakinah di kota Bekasi. Berikutnya, muncul Bukit Sakinah, Perumahan Muslim Ar-Royan – Depok, Puri Insani, Cimanggis Green Residence, The Orchid serta masih banyak lagi.

Konsep lingkungan tempat tinggal yang Islami sesungguhnya tidaklah sulit. Secara sederhana, konsep perumahan berlandaskan syariah Islam merupakan sebuah hunian yang didesain secara Islami, baik arsitekturnya maupun lingkungan kehidupannya. Di dalamnya terdapat simbol-simbol keislaman sekaligus tata pergaulan dan kehidupan yang Islami. Hal ini yang tengah dikembangkan oleh perumahan Cimanggis Green Residence.

Selain Cimanggis Green Residence yang dikembangkan oleh Relife Green Development, The Orchid Realty punya pandangan senada. Dimana lingkungan perumahan yang baik punya peranan penting dan biasanya menjadi pertimbangan konsumen sebelum memutuskan membeli rumah.
Selain konsep, aspek lain yang perlu diperhatikan dan membedakan sebuah hunian berfondasi syariah Islam dengan perumahan konvensional pada umumnya, adalah manajemen dan struktur perusahaan yang melibatkan dewan pengawas dan penasihat syariah. Juga yang tidak kalah penting, adanya budaya yang senantiasa menterjemahkan nilai-nilai Islam dalam tata kelola perusahaan pengembang.

SUMBER: realestat.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar